TNI Kerahkan 250 Prajurit Buka Jalur Terisolasi di Sigi

- 9:44:00 AM

TNI Kerahkan 250 Prajurit Buka Jalur Terisolasi di Sigi


Jakarta, CNN Indonesia -- Komandan Satgas Bencana Alam satuan Yonif Para Raider 431/SSP Kostrad, Mayor Inf A.A Geda Rama mengatakan pihaknya telah mengerahkan 250 prajurit Kostrad TNI AD untuk membuka jalur menuju Desa Jono Oge, Kabupaten Sigi yang terputus akibat gempa Palu berkekuatan 7,4 SR.

"Saya perintahkan sebahagian anggota Satgas untuk melakukan Patroli dan membuka jalan di desa yang masih terisolir tersebut," ungkap Geda berdasarkan keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com pada Minggu (7/10)

Desa Jono Oge merupakan salah satu desa yang 'tertimbun' lumpur atau likuifaksi di mana tanah berubah menjadi lumpur akibat dampak bencana tersebut.

Geda menyatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pencarian korban dan pembersihan bangunan yang porak poranda di desa tersebut.

"Kami juga terlibat dalam pendistribusian bantuan makanan dan obat-obatan kepada warga yang sangat membutuhkan," kata dia.
TNI Kerahkan 250 Prajurit Buka Jalur Terisolasi di Sigi
Personel TNI yang diterjunkan saat ini masih berfokus mengevakuasi korban yang tertimbun lumpur likuifikasi di wilayah Desa Petobo Atas Dan Petobo Bawah, Kota Palu.

Geda berharap secepatnya pasukan TNI dapat bergerak ke Desa Jono Oge untuk melakukan evakuasi di wilayah tersebut.

"Hingga petang tadi anggota berhasil mengevakuasi 20 mayat korban gempa di Desa Petobo atas dan Petobo Bawah dan langsung diserahkan ke Tim Basarnas," kata dia.
TNI Kerahkan 250 Prajurit Buka Jalur Terisolasi di SigiKondisi di Kecamatan Biromaru, Sigi, Sulteng pasca gempa dan tsunami. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Amankan Pasar Inpres Kota Palu


Sementara itu, Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Muhammad Thohir menyatakan TNI telah mengerahkan 150 personel untuk mengamankan Pasar Inpres Kota Palu usai bencana tsunami dan gempa yang melanda wilayah tersebut.

Upaya tersebut dilakukan untuk menggeliatkan kembali roda perekonomian di wilayah tersebut.

"Untuk membantu mengamankan jalannya roda perekonomian agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokoknya," kata Thohir dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com pada Minggu (7/10).

Thohir mengatakan bahwa perekonomian Kota Palu sejak H+8 bencana gempa dan tsunami yang menerjang kota tersebut sudah mulai pulih.

Ia mengatakan diterjunkannya pasukan TNI itu sebagai komitmen TNI menghidupkan kembali pasar Inpres yang pernah luluh lantak akibat saat gempa berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang Palu.

"Pasar ini menjadi pusat perekonomian, dengan tujuan untuk menghidupkan kembali roda perekonomian masyarakat Palu," kata dia.

(rzr/gil) 
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search