Ternyata TNI Miliki Rudal yang Bisa Tenggelamkan Kapal Induk

- 5:12:00 PM

Ternyata TNI Miliki Rudal yang Bisa Tenggelamkan Kapal Induk

Di tengah persaingan kepemilikan rudal balistik antara negara-negara kuat, Indonesia ternyata sudah memiliki rudal jarak jauh. Exocet MM40 Block 3, namanya. Rudal penghancur kapal perang buatan Prancis yang dimiliki TNI AL dan telah dipasang pada sejumlah kapal perang itu merupakan rudal Exocet generasi mutakhir.

Rudal ini kabarnya bisa menghantam sasaran pada jarak 200 km. Kapal perang yang bisa dibuat rusak parah oleh hantaman sebuah rudal Exocet MM40 Block 3 bahkan termasuk kapal induk seperti yang dimiliki oleh AS dan China.

Jika sejumlah Exocet MM40 Block 3 yang berpemandu GPS itu ditembakkan sekaligus ke kapal induk, besar kemungkinan kapal induk tersebut akan tenggelam. Indonesia memang sudah sejak lama, 1980-an, menjadi pelangaan pengguna rudal Exocet mulai dari rudal Exocet AM 39 yang bisa diluncurkan dari jet tempur atau helikopter, Exocet MM40 Block II, dan Exocet MM40 Block 3.

Rudal Exocet AM 39 pernah digunakan militer Argentina dalam Perang Falkland melawan Inggris (1982) dan akibatnya sungguh luar biasa. Sebanyak enam kapal perang Inggris berhasil ditenggelamkan oleh rudal Exocet dan satu kapal induk, yakni HMS Invincible, dibuat rusak hanya oleh satu tembakan rudal Exocet AM 39.

Pada saat itu, Argentina ternyata tinggal memiliki satu rudal Exocet untuk menyerang kapal induk Inggris. Ternyata, pemerintah Argentina sebenarnya pernah berniat membeli rudal-rudal Exocet milik Indonesia tapi ditolak.

Pasalnya jika Indonesia sampai menjual Exocetnya ke Argentina meski dibeli dengan harga tinggi, risikonya besar karena oleh Inggris Indonesia bisa dianggap membantu Argentina. Hingga saat ini rudal-rudal Exocet AM 39 masih tersimpan dengan baik, termasuk Exocet  MM40 Block II dan Exocet MM40 Block 3.
Ternyata TNI Miliki Rudal yang Bisa Tenggelamkan Kapal Induk
Pada 2015 lalu, KRI Bung Tomo bahkan sudah melakukan uji coba penembakan rudal Exocet MM40 Block Ii di Laut Jawa dengan sasaran eks KRI Kupang dan berhasil dengan sangat  baik. Selain Exocet MM40 Block III, TNI AL sebenarnya masih memiliki rudal jarak jauh yang bisa menghantam sasaran pada jarak 400 km, yakni rudal SS-N-26 Yakhont buatan Rusia.

Rudal berkecepatan supersonik itu bahkan sudah sukses diuji coba pada tahun 2011.

Meski belum merupakan rudal balistik yang mampu menghantam sasaran pada jarak ribuan kilometer, baik rudal Exocet maupun Yakhont yang dimiliki TNI AL sudah cukup ampuh untuk menjaga laut NKRI.

Apalagi Indonesia termasuk negara non blok yang sebisa mungkin menghindari peperangan.(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Ternyata TNI Miliki Rudal yang Bisa Tenggelamkan Kapal Induk, http://medan.tribunnews.com/2018/09/06/ternyata-tni-miliki-rudal-yang-bisa-tenggelamkan-kapal-induk?page=all.

Editor: Royandi Hutasoit
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search