Panglima TNI: Negara Lain Berebut Meraup Keuntungan dari Indonesia...

- 9:07:00 AM

Panglima TNI: Negara Lain Berebut Meraup Keuntungan dari Indonesia... 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.  Sumber daya alam inilah yang membuat Indonesia menjadi 'berlian' bagi negara asing. Selalu menjadi incaran.  

"Negara kita menyimpan potensi yang menjanjikan. Karenanya negara lain berebut meraup  keuntungan sebesar-besarnya dari Indonesia," ujar Hadi di sela kunjungan kerja ke Riau, sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi TNI, Jumat (20/4/2018).

Hadi berpendapat, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.  Tidak hanya itu, Indonesia juga dihadapkan pada tantangan lain, yakni perubahan global yang terjadi sedemikian cepat. Perubahan itu diwarnai dengan barbagai dinamika yang sulit diantisipasi dampaknya.

Panglima TNI: Negara Lain Berebut Meraup Keuntungan dari Indonesia...  "Khususnya terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," ujar Panglima.   Salah satu bentuk perubahan yang saat ini sedang terjadi, yakni lahirnya era Revolusi Industri 4.0 atau Era Disrupsi yang diwarnai dengan berbagai terobosan atau inovasi yang tidak terduga dan belum pernah terpikirkan.  Baca juga : Janji Panglima TNI untuk Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia Hadi pun mengingatkan kepada prajurit TNI sekaligus Polri untuk mewaspadai setiap bentuk perubahan. 

"Beberapa paradoks yang dapat muncul sebagai ancaman yaitu ancaman siber (cyber threats), ancaman biologis (bio threats) dan ancaman kesenjangan (inequality threats)," ujar dia.  "Namun kokohnya sinergitas dan soliditas TNI-Polri dapat mewaspadai ancaman  dan dampak global ini," lanjut Panglima.

.
Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Diamanty Meiliana
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search