Iran Sebut Dunia Diam saat Suriah Dihujani 70 Rudal Israel

- 1:11:00 PM

Iran Sebut Dunia Diam saat Suriah Dihujani 70 Rudal Israel

TEHERAN - Pemerintah Iran mengkritik komunitas internasional yang diam menyaksikan Suriah dihujani sekitar 70 rudal oleh sekitar militer Israel pada Kamis dini hari.

Militer Tel Aviv berdalih serangan puluhan rudal yang dlaporkan menewaskan 23 orang itu ditargetkan pada basis-basis militer Iran di Suriah sebagai pembalasan atas serangan 20 roket oleh pasukan Quds Iran ke wilayah Israel di Dataran Tinggi Golan pada Rabu malam.

Namun, Teheran mengklaim tak pernah melakukan serangan 20 roket seperti yang dituduhkan Tel Aviv.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi mengatakan bahwa Damaskus memiliki hak untuk membela diri dari serangan puluhan rudal Israel. Sebaliknya, dia mengkritik masyarakat internasional yang diam.

"Iran sangat mengutuk (aksi Israel) menyerang Suriah. Keheningan komunitas internasional mendorong agresi Israel. Suriah memiliki hak untuk membela diri," kata Qasemi yang disiarkan stasiun televisi pemerintah Iran, Jumat (11/5/2018), seperti dikutip Reuters.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim dari 20 roket yang ditembakkan Iran ke Dataran Tinggi Golan dari wilayah Suriah, empat berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome. Sedangkan sisanya tak jatuh di wilayah Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Iran sudah menerobos "garis merah" dengan menembakkan 20 roket ke arah pasukan Israel di Dataran Tinggi Golan.

"Iran telah melewati garis merah. Reaksi kami adalah itu konsekuensinya," kata Netanyahu mengacu pada serangan IDF terhadap wilayah Suriah pada Kamis dini hari.
Iran Sebut Dunia Diam saat Suriah Dihujani 70 Rudal Israel
"Tentara Israel melakukan serangan ekstensif terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah," ujarnya.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menganalisa serangan Tel Aviv terhadap Suriah. Menurut kementerian itu, total 28 jet tempur Israel mengambil bagian dalam operasi dengan meluncurkan lebih dari 60 rudal air-to-surface dan sekitar 10 ruda surface-to-surface. Namun, lebih dari separuh rudal itu ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Suriah.
(mas)
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search