Mengaku Mayor, Suryo tipu warga yang mau jadi tentara

- 9:49:00 AM

Mengaku Mayor, Suryo tipu warga yang mau jadi tentara


Seorang pria bernama Suryo diamankan usai ketahuan menjadi anggota TNI. TNI gadungan itu mengaku berpangkat Mayor dan berasal dari Angkatan Laut. Dengan bermodalkan senjata air soft gun yang sudah rusak, pria asal Magelang, Jawa Tengah ini pun nekat mengaku sebagai anggota TNI AL untuk mengelabui korban yang ingin masuk militer.

Mulanya Suryo tidak berniat untuk menipu. Dia membeli seragam TNI lengkap hanya untuk memperlancar pencairan asuransi miliknya. Karena dia sudah tidak bekerja dan hendak mencairkan uang asuransi. Namun karena merasa dipersulit dirinya pun nekat menyamar menjadi anggota TNI gadungan.

Agar pihak asuransi percaya, dia pun melengkapi dirinya dengan atribut militer lengkap. Ketika berada di kantor asuransi, Suryo bertemu dengan temannya. Mereka berbicara dan akhirnya temannya menitipkan saudaranya untuk masuk militer. Suryo mengaku bisa meluluskan orang yang hendak masuk militer dengan sejumlah imbalan.
Mengaku Mayor, Suryo tipu warga yang mau jadi tentara
"Saya dikasih Rp 100 juta. Uangnya sudah ditransfer ke saya," katanya, Selasa (6/3).

Namun setelah pengumuman regional di daerah ternyata nama korban tidak lolos. Korban pun melaporkan kejadian ini. Kemudian dilakukan pengusutan hingga akhirnya Suryo ditangkap di Jakarta oleh Puspom AL. Korban sendiri berasal dari NTB. "Uangnya saya pakai untuk kebutuhan hidup dan beli handphone. Anak saya ada empat," akunya.

Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana mengatakan, penangkapan ini hasil penyelidikan gabungan pihaknya dengan Puspom AL. Karena penyerahan uang dilakukan di Beji Depok.

"Pelaku ini sebelumnya bekerja di pelayaran. Dia pernah sekolah di akademi pelayaran juga," katanya.

Pelaku pun kini mendekam di sel Polresta Depok. Pelaku dijerat pasal 378 KUHP. "Ancaman hukuman lima tahun," ujarnya. [rzk]
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search