Koarmabar TNI AL Lakukan Uji Coba Penembakan Rudal C-705

- 3:32:00 PM

Koarmabar TNI AL Lakukan Uji Coba Penembakan Rudal C-705


Jakarta - Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmabar meluncurkan Rudal C-705 dengan sasaran eks KRI Karimata-960 di Laut Bali, Jumat 17 November 2017. Tembakan rudal sukses mengenai target.

Berdasarkan rilis dari Armabar TNI Angkatan Laut yang diterima Liputan6.com, rangkaian uji coba penembakan Rudal C-705 dilakukan oleh dua KRI Satkat Koarmabar. Pertama KRI Kujang-642 dan kedua KRI Clurit-641.

Koarmabar TNI AL Lakukan Uji Coba Penembakan Rudal C-705
Selain penembakan rudal, juga dilakukan Penembakan Torpedo SUT dari KRI Nanggala-402.

Ketiga KRI tersebut tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Uji Coba Penembakan Rudal C-705 dan Torpedo SUT. Uji coba itu dipimpin oleh Kolonel Laut (P) IGP Alit Jaya, yang menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmabar.


Uji coba turut disaksikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi yang memantau dari geladak KRI Teluk Bintuni-520. Usai menyaksikan kegitan tersebut, KSAL Ade Supandi mengungkapkan rasa bangganya kepada seluruh prajurit.

"Selamat atas keberhasilan penembakan Rudal C705 dan Torpedo SUT, agar tampilan dan kemampuan yang ditunjukkan hari ini menjadi momentum untuk peningkatan performa kemampuan tempur prajurit TNI Angkatan Laut," ucap Ade saat menyampaikan sambutannya.


Sebelum uji coba dilakukan, Satgas telah melakukan persiapan matang. Mulai dari hal teknis peralatan hingga persiapan kemampuan taktis prajurit.

Rudal C-705 sendiri merupakan senjata strategis yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. Rudal tersebut telah terpasang di dua KRI type KCR-40 Satkat Koarmabar yaitu KRI CLT-641 dan KRI KJG-642.

Kedua kapal tersebut, diketahui memiliki kemampuan Peperangan Anti Kapal Permukaan dan Peperangan Anti udara terbatas, sehingga pemasangan rudal dikedua kapal tersebut sangatlah tepat, karena Rudal C-705 memiliki kemampuan menghancurkan sasaran kapal permukaan.

Sumber : Liputan6
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search