Hamas Serahkan Kontrol Perbatasan pada Pemerintah Palestina

- 12:33:00 PM

Hamas Serahkan Kontrol Perbatasan pada Pemerintah Palestina


GAZA - Hamas dilaporkan telah menyerahkan kontrol perbatasan di Gaza kepada pemerintah Palestina. Penyerahan kontrol perbatasan ini adalah bagian kesepakatan rekonsilitasi damai antara Hamas dan Fatah.

Melansir Reuters pada Rabu (1/11), petugas dari Otoritas Palestina (PA) disebut telah menempati pos-pos perbatasan di Gaza, yakni perbatasan Erez dan Kerem Shalom, yang menghubungkan Gaza dengan Israel, dan juga perbatasan Rafah, yang menghubungkan Gaza dengan Mesir.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi, baik dari Hamas ataupun dari PA, yang dikuasai oleh faksi Fatah mengenai penyerahan kontrol perbatasan di Gaza tersebut.

Hamas Serahkan Kontrol Perbatasan pada Pemerintah Palestina
Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Hamas dan Fatah sepakat untuk melakukan pembicaraan damai. Ditengahi Mesir, pembicaraan itu menghasilkan sebuah kesepakatan rekonsiliasi.

Kesepakatan itu mencakup penyerahan kontrol Gaza kepada PA, pembubaran pemeritahan bayangan di Gaza, penyerahan kontrol perbatasan, diskusi mengenai pemerintah bersatu Palestina, dan pemilihan umum di wilayah tersebut.

Proses rekonsiliasi Palestina sendiri mendapatkan dukungan dari dunia Islam dan sejumlah negara-negara Barat. Namun, ada beberapa negara yang menolak upaya rekonsiliasi itu, salah satunya adalah Israel.
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search