Dirgahayu Polisi Militer TNI AU ke-71

- 12:40:00 PM

Dirgahayu Polisi Militer TNI AU ke-71


Tepat pada hari ini, 71 tahun yang lalu, tanggal 1 November 1946, Polisi Militer (POM) Tentara Nasional Indonesia (TNI) angkatan Udara (AU) lahir. Berselang hanya setahun sejak kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan, POM TNI telah melakukan beragam misi penting selama masa transisi kemerdekaan.

Berdasarkan halaman Wikipedia, sejumlah prestasi ditorehkan POM TNI, antara lain teori preventif dengan membuat kamuflase pesawat udara yang sudah rusak untuk dijadikan sebagai umpan pihak Belanda, mengamankan pesawat yang akan digunakan dalam penyerangan Belanda di Ambarawa, Salatiga dan Semarang hingga bernegosiasi dengan gembong PKI, Muso di Madiun dalam rangka pembebasan pimpinan AURI yang disekap.
Dirgahayu Polisi Militer TNI AU ke-71

Selain itu, POM TNI AU diketahui merupakan korps pertama yang membentuk Brigade Anjing atau kini dikenal dengan sandi K9.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara Nomor 16 Tahun 1966 tanggal 14 Februari 1966 sebagai bagian dalam pengamanan pesawat-pesawat milik AURI.
Ucapan selamat disampaikan oleh TNI AU lewat akun twitter @_TNIAU.

Menyertakan potret seorang anggota POM TNI AU wanita yang terlihat membidik dengan menggenakan senjata laras panjang, TNI AU menuliskan Brave dan Allert sebagai tanda jika korps POM TNI AU Berani dan selalu waspada.

"Dirgahayu Polisi Militer TNI AU Selamat Ulang Tahun ke-71, semoga makin sukses dan senantiasa bersinergi menjaga kedisiplinan prajurit," tulis TNI AU lewat akunnya @_TNIAU pada Rabu (1/11/2017) disusul dengan @mohfarhanazz 'Dirgahayu Polisi Militer TNI AU ke-71, semoga makin sukses! Bravo!
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search