Sistem Pertahanan THAAD di Korsel Sudah Masuk Tahap Pengoperasian

- 11:55:00 AM

Sistem Pertahanan THAAD di Korsel Sudah Masuk Tahap Pengoperasian



SEOUL – Militer Amerika Serikat (AS) menyatakan sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defence atau THAAD di Korea Selatan (Korsel) telah mencapai tahap pengoperasian awal. Sistem pertahanan tersebut ditempatkan di Korsel demi menangkal ancaman rudal Korea Utara (Korut).

Penempatan THAAD di Korsel sebenarnya mendapatkan perlawanan baik dari luar dan dalam negerinya. China mengklaim bahwa sistem THAAD bisa digunakan untuk memata-matai negaranya sedangkan warga di Seongju menentang sistem pertahanan tersebut karena khawatir daerahnya akan menjadi target utama serangan Korut.
Foto proses penempatan THAAD di lapangan golf Seoungju, Korea Selatan (Foto: Reuters)
Foto proses penempatan THAAD di lapangan golf Seoungju, Korea Selatan (Foto: Reuters)

Namun AS menegaskan bahwa THAAD yang berada di Negeri Ginseng murni digunakan untuk pertahanan. Namun banyak pihak yang memandang penempatan THAAD hanya akan semakin meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (2/5/2017), pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengklaim, THAAD saat ini sudah masuk tahap pengoperasian awal. Namun ia menambahkan, sistem pertahanan rudal tersebut baru akan beroperasi penuh dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Pejabat AS lainnya mengatakan, pada 30 April 2017 Korsel membentuk zona kontrol udara terbatas di atas lokasi penempatan THAAD demi mengendalikan ruang di sana.

(OKZ/emj)
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search