Mantap .. Gelar Latihan Tempur di Natuna, TNI AD Bawa 100 Tank Leopard - Commando

- 5:51:00 PM
Mantap .. Gelar Latihan Tempur di Natuna, TNI AD Bawa 100 Tank Leopard  - Commando

C0MANDO.COM - Jakarta - Dikabarkan Jika Prajurit TNI Angkatan Darat Sudah memberangkatkan sejumlah alat utama sistem pertahanan negara dan pasukan ke Kawasan Natuna, Kepulauan Riau. Hal ini dilakukan dalam rangka Latihan Antar-Percabangan TNI Angkatan Darat Tahun 2016, yang akan digelar pada tanggal 10-17 November 2016 mendatang. Pemberangkatan pasukan ini sendiri dilakukan melalui jalur air diurus Batalion Pembekalan Angkutan (Yonbekang)-4/Air TNI.

Mantap .. Gelar Latihan Tempur di Natuna, TNI AD Bawa 100 Tank Leopard  - Commando

Baca Juga Berita Terkini Lainnya :
Tanggapan Polri Tentang Rencana Pemerintah Melibatkan TNI dalam Berantas Terorisme 
Mengejutkan Ternyata Keinginan Anak Muda Poso Menjadi Prajurit TNI Sangat Tinggi - Commando
Jika Ahok Tak Kunjung Diperiksa, Massa Islam Dari Jabar Ancam Akan Duduki Jakarta - Commando

"Salah satu yang diberangkatkan Yonbekang adalah 19 unit tank Leopard," ujar Komandan Yonbekang -4/Air Letnan Kolonel Infanteri Atjeb Miharja Soma di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 21 Oktober 2016. Batalion ini sendiri bertugas untuk mengangkut 19 Leopard dari jumlah total seratus unit yang akan dipakai dalam latihan tersebut.

Yonbekang-4/Air, sendiri adalah satu-satunya alat pendukung transportasi air di Direktorat Bekang Angkata  darat, yang kini telah mengangkut sedikitnya 16 unit Leopard ke Kawasan Natuna, Pada Kamis kemarin. "Akan diberangkatkan tiga lagi dari Jakarta bersama 33 anak buah kapal," ujar Atjep.

Tank Leopard, yang masing-masing memiliki bobot 62,5 tonini , dibawa dengan menggunakan kapal ADRI-L(50) yang memiliki daya angkut 1.200 bobot tonase (DWT). Yonbekang-4/Air memiliki fasilitas yang mendukung pergeseran pasukan dan perlengkapan materiil. Untuk latihan di Natuna, satuan ini menggunakan lima kapal ADRI yang memiliki bobot angkut berbeda untuk pergeseran.

Menurut Atjep, latihan gabungan di Natuna dilakukan dalam rangka penguatan pasukan dan persiapan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Alutsista yang kami berangkatkan sementara ini untuk latihan, bukan untuk ditempatkan di sana (Natuna)."

Selain Leopard, satuan yang dulunya bernama Kesatuan Angkutan Tentara (KAT) ini juga dijadwalkan mengangkut alutsista lain, seperti peluncur roket Astros, Meriam 155 milimeter Caesar tipe truk, dan tank Marder.

Baca Juga :
Mantap Dandim dan Kapolres Tuban Bersama sama Berantas Miras - Commando
Gubernur Papua : Mereka itu Provokator, Saya TAK Pernah Mengeluarkan Pernyataan Terkait Ahok Apalagi Berkianat dari NKRI - Commando


Batalion yang dikukuhkan pada 24 Mei 1950 ini diketahui memiliki peran penting dalam distribusi pasukan AD ke berbagai tempat. Salah satu prestasinya adalah saat terlibat Komando Mandala Pembebasan Irian Barat pada 1961-1962.

Sumber :Tp
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search