Wuih .. Mantap KASAL Langsung Pimpin Apel Gelar Kesiapan Latihan Armada Jaya - Commando

- 9:52:00 AM
Wuih .. Mantap KASAL Langsung Pimpin Apel Gelar Kesiapan Latihan Armada Jaya - Commando

C0MANDO.COM - JAKARTA - Dikabarkan jika Kepala Sataf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supadi, S.E M.A.P. Langsung memimpil Apel Gelar Pasukan Latihan Armada Jaya Yang Ke 34 Tahun 2016. sebagai inspektur upacara yang diikuti seluruh unsur yang terlibat  latihan Armada Jaya, di Dermaga Ujung, Surabaya, Jumat (09/09/2016).

Dalam amanatnya Kasal menegaskan bahwa Kegiatan Apel Gelar kesiapan ini sebagai kelanjutan tahap perencanaan yang dilaksanakan pada latihan posko, hari ini diselenggarakan apel gelar kesiapan untuk meyakinkan kesiapan akhir pasukan dan alutsista, serta alat kelengkapan dan sarana prasarana pendukungnya, dalam rangka manuver lapangan. dengan kesiapan maksimal dari pasukan, alutsista dan dukungannya, diharapkan dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap kendala yang mungkin dihadapi pada tahap latihan lapangan.

Wuih .. Mantap KASAL Langsung Pimpin Apel Gelar Kesiapan Latihan Armada Jaya - Commando


Baca Juga :
Menhan Berencana akan membeli Satu Unit Helikopter Buatan Inggris untuk Keamanan Presiden

Lebih lanjut Kasal menyatakan Armada Jaya adalah latihan puncak TNI angkatan laut yang menggabungkan kemampuan seluruh komponen SSAT. Latihan ini merupakan penegasan tekad TNI AL untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan tempur prajurit-prajuritnya,  baik dalam pertahanan pantai, pengendalian laut maupun proyesi kekuatan ke darat.

Kasal juga mengingatkan bahwa keberhasilan pelaksanaan latihan bukan hanya ditentukan oleh kemampuan dan kemahiran masing-masing personel, melainkan juga karena terciptanya suatu kerja sama tim yang kompak dan satu kesatuan komando. di samping itu, keberhasilan juga sangat tergantung dari kesiapan operasi, serta kemampuan  mengantisipasi perubahan situasi dan kondisi, khususnya pada uji coba penembakan senjata strategis. untuk itu, fungsi komando dan pengendalian harus efektif dan dapat menjawab berbagai permasalahan yang berkembang di lapangan, dengan tetap mengedepankan zero accident.

Pada bagian akhir amanatnya Kasal menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam melaksanakan latihan lapangan, yaitu agar melaksanakan  koordinasi dengan satuan samping dan instansi pendukung sesuai kebutuhan, serta kembangkan latihan melalui inovasi, kreativitas dan sinergitas bersama satuan terkait, agar tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai secara optimal. Kemudian agar menyiapkan fisik, mental dan pengetahuan, serta manfaatkan kesempatan latihan untuk menguji kemampuan dan naluri tempur dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan ssat dan profesionalisme prajurit.

Kasal pun menekankan pentingnya pemahaman fungsi dan tugas masing-masing, jalin kekompakan antar prajurit dan bangun kesatuan komando untuk mewujudkan kesamaan pola pikir dan pola tindak dan perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur dan mekanisme latihan melalui perhitungan cermat, pertimbangan tepat dan pengawasan ketat untuk mencapai zero accident, serta  kepada tim evaluasi, penilai dan litbang laksanakan tugas secara obyektif dan gali sebanyak mungkin informasi dan temuan untuk selanjutnya dikaji dan dijadikan sebagai masukan bagi pelaksanaan latihan dimasa mendatang.

Pelaksanaan Latihan Armada Jaya kali ini melibatkan 40 unsur laut, 8 unsur udara dan 1745 pasukan pendarat beserta kendaraan tempurnya, dengan daerah latihan di laut Jawa dan Asem Bagus Situbondo. Latihan ini juga melibatkan seluruh satuan pendukung dan satuan TNI Angkatan Udara, serta akan menguji kemampuan Rudal R-705, Rudal C-802 dan Torpedo Sut kepala perang.

Demikian Berita Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut. 
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search