Tentara Suriah Mulai Mundur dari Jalan Raya Utama di Aleppo

- 9:19:00 AM
Tentara Suriah Mulai Mundur dari Jalan Raya Utama di Aleppo

ALEPPO - Sebuah sumber militer mengatakan tentara Suriah mulai menarik diri dari jalan raya Castello yang strategis di provinsi utara Aleppo pada hari Kamis. Penarikan ini akan terus dilakukan sampai konvoi kemanusiaan PBB memasuki wilayah yang dikuasai pemberontak.

"Persenjataan berat militer dan kendaraan sudah mulai menarik diri, dengan sejumlah kecil tentara pergi menarik diri sampai posisi tentara Suriah di sana sepenuhnya diserahkan kepada pasukan Rusia," kata sumber itu tanpa menyebutkan namanya seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (16/9/2016).


Bulan Sabit Merah Suriah juga akan menggunakan sejumlah jalan raya, yang dikuasai oleh tentara Suriah dari tangan pemberontak dua bulan lalu, untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sebelumnya, pasukan pemberontak Suriah menyerang tentara Suriah di sekitar jalan raya Castello beberapa hari lalu. Tidak ada korban jiwa dalam penyerangan tersebut. Pada tanggal 13 September, pasukan Rusia membangun pos pemeriksaan dan kamera pengintai di jalan tersebut.

Pada tanggal 10 September lalu, Amerika Serikat (AS) dan Rusia mencapai kesepakatan gencatan senjata di Suriah yang mulai diberlakukan pada awal pekan lalu. Sejak saat itu, kekerasan di Suriah terutama di Aleppo telah menurun.

Sebagai bagian dari perjanjian AS-Rusia, tentara Suriah harus menarik diri dari jalan raya Castello untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan ke timur Aleppo yang dikuasai pemberontak, yang jatuh di bawah pengepungan ketika jalan ditangkap.
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search