Pemerintah AS Akui Ikut mengerahkan pasukannya di Yaman - Naon Wae News

- 8:24:00 AM
Pemerintah AS mengakui jika pemerintahannya ikut mengerahkan pasukan di Yaman untuk memberantas terorisme membantu pasukan koalisi negara teluk yang dipimpin arab saudi - Naon Wae News

Pentagon menyatakan jika Pengerahan Pasukan Nya Di Yaman Semata Mata Hanya bertujuan Untuk membantu koalisi Arab Untuk melawan al-Qaeda di Semenanjung Arab.

Pentagon yang sebelumnya memiliki lebih dari 100 pasukan operasi khusus menasihati tentara di Yaman sebelum perang dimulai Maret 2015 [AP]
Pemerintah AS mengakui mengerahkan pasukan di Yaman
Pemerintah AS mengakui jika pemerintahannya ikut mengerahkan pasukan di Yaman untuk memberantas terorisme membantu pasukan koalisi negara teluk yang dipimpin arab saudi - Naon Wae News

Baca Berita Lainnya :
MENTERI AGAMA TURKI : "SELURUH DUNIA DIAM WALAUPUN JUTAAN MUSLIM DIBUNUH" - NAON WAE NEWS
Detik Detik Kota ALEPPO Suriah yang di serang Rezim Bashar - Naon Wae News
Aleppo dan Hipokrisi Barat - Naon Wae News

Pentagon Sendiri Mengakui Jika Bahwasannya Kali ini Adakah pertama kalinya Amerika mengerahkan pasukan ke Yaman setelah lebih dari satu tahun terjadinya koalisi perang teluk yang dipimpin oleh arab saudi.

Kekosongan keamanan yang diciptakan di bangun dari lebih dari satu tahun perang antara loyalis pemerintah diasingkan dari Abd-Rabbu Mansour Hadi dan pemberontak Syiah Houthi telah dimanfaatkan oleh al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Juru bicara Pentagon Jeff Davis, Jumat militer AS juga telah meningkatkan serangan udara terhadap para pejuang AQAP di negara yang dilanda perang.

Sebuah "jumlah yang sangat kecil" dari personil militer Amerika telah bekerja dari "lokasi tetap" dengan pasukan Yaman dan Arab koalisi - terutama Emirat - dalam beberapa pekan terakhir sekitar Mukalla, sebuah kota pelabuhan telah dikuasai oleh kelompok Al Qaeda tahun lalu, kata Davis.

"Ini sangat menarik bagi kami. Itu tidak melayani kepentingan kami untuk memiliki sebuah organisasi teroris yang bertanggung jawab atas sebuah kota pelabuhan, dan jadi kami membantu dalam hal itu," tambah juru bicara itu.

Dia mengatakan pasukan membantu Emirat dengan "dukungan intelijen," tapi menolak mengatakan apakah mereka pasukan operasi khusus.

pejuang AQAP sekarang telah melarikan diri Mukalla dan daerah pesisir lainnya, karena serangan pemerintah.

Amerika Serikat juga menawarkan berbagai bantuan kepada mitra di Yaman, termasuk udara-ke-udara kemampuan pengisian bahan bakar, pengawasan, perencanaan, keamanan maritim dan bantuan medis.

Serangkaian serangan

Pentagon sebelumnya memiliki lebih dari 100 pasukan operasi khusus menasihati tentara di Yaman, tapi menarik mereka keluar awal tahun lalu sebagai negara runtuh.


Angkatan Laut AS juga memiliki beberapa kapal di dekatnya, termasuk sebuah kapal serbu amfibi disebut USS Boxer dan dua kapal perusak.

AQAP mengambil keuntungan dari kekacauan pertempuran antara pasukan pro-pemerintah dan pemberontak yang didukung Iran untuk memperluas kontrol di Yaman selatan, termasuk penyitaan Mukalla.

Pentagon mengumumkan telah dilakukan serangkaian terbaru dari pemogokan di AQAP dalam beberapa pekan terakhir, di luar Mukalla.

"Kami telah melakukan empat serangan terorisme terhadap AQAP sejak 23 April menewaskan 10 koperasi Al-Qaeda dan melukai yang lain," kata Davis.

Amerika Serikat secara berkala menargetkan AQAP di Yaman, termasuk serangan pada bulan Maret di sebuah kamp pelatihan yang menewaskan lebih dari 70 pejuang.

Kelompok ini mengaku bertanggungjawab atas serangan tahun lalu di Paris pada staf satir mingguan Charlie Hebdo, dan telah dikaitkan dengan lebih dari satu upaya untuk meledakkan pesawat menuju Amerika Serikat.

Yaman konflik telah menewaskan lebih dari 6.400 orang dan pengungsi 2,8 juta sejak Maret tahun lalu.


Baca Berita Terkini Dalam Negeri :
karena selfie pake kaos PKI Bocah ini dicomot tentara
Tak Punya malu 12 pemerkosa yuyun ajukan pembelaan terkait hukuman yang menjeratnya
Bonek Kembali Beringas Di Jembatan Suramadu - Naon Wae News
Kronologi Pemerkosaan yuyun oleh 14 pemuda di bengkulu
Astagfirullah Karena Ekomoni Makin Terpuruk keluarga ini makan Daun untuk bertahan hidup
Orangtua Pemerkosa Yuyun pun Bisa Dipenjarakan - Naon Wae News

Sumber: AFP
Advertisement

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search